Rabu, 06 Juli 2011

Air Terjun Sobyok


Ternyata Lumajang juga menyimpan banyak air terjun. Salah satunya yang sering dikunjungi orang adalah air terjun Sobyok. Air terjun ini terletak di desa Burno kecamatan Senduro. Dan sangat mudah sekali menemukan lokasi wisata yang satu ini.

Air terjun Sobyok berasal dari kata Su (indah), Byok (jatuh) yang berarti air yang indah jatuhnya. Wisata air terjun ini menyuguhkan 2 mata air terjun yakni Sobyok kecil dan Sobyok besar. Sobyok kecil berada di jalur yang lebih dekat dengan jarak sekitar 200 meter ke Sobyok besar. Di Sobyok kecil terlihat turunan air yang mengalir lembut dan berarus kecil. Ketinggiannya sekitar 10 meter.

Sedangkan Sobyok besar mempunyai turunan air yang besar sekaligus sebagai air terjun utama. Tingginya sekitar 15 meter. Di samping titik ini ada bebatuan yang menyerupai gua yang mengeluarkan tetesan air dari akar-akar tumbuhan menjalar di sekitarnya. Bahkan mirip dengan alunan air dari tetesan hujan, sangat indah!

Di sekeliling kedua air terjun ini menyuguhkan pemandangan bebukitan yang hijau nan sejuk. Terlebih berada di perkebunan kopi. Apalagi, akses jalan menuju ke lokasi wisata ini sudah ditata dan diatur dengan adanya paving jalan menuju ke sana. Lekukan tebing bebatuan di air terjun Sobyok akan menjadi magnet tersendiri bagi siapapun untuk kembali ke sana.

Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Burno, kecamatan Senduro

1 komentar:

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...