Rabu, 06 Juli 2011

Ranu Kumbolo

 
Danau tertinggi di pulau Jawa (2400 Mdpl) dimiliki oleh Lumajang. selaras dengan julukan bagi gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa (3676 Mdpl), tentunya Ranu Kumbolo sebagai satu-satunya danau yang berada di jalur pendakian sangatlah lazim disebut sebagai yang tertinggi. Meski sesungguhnya ada mata air terakhir di lereng Semeru yakni Sumber Mani .

Ranu Kumbolo sendiri merupakan pos peristirahatan pertama yang menyediakan sumber air bagi para pendaki. Karena di sini terdapat danau yang cukup besar sehingga dimanfaatkan untuk kebutuhan pendakian. Selain itu juga ada shelter (pos istirahat berupa bangunan permanen) yang biasanya digunakan untuk menginap di hari pertama dan terakhir .

Panorama Ranu Kumbolo sangatlah eksotik, terlebih ketika matahari terbit maka di tengah danau akan terlihat belahan bukit dengan garis tengah sinar mentari. Bahkan di sekeliling danau terdapat bukit-bukit nan hijau. Kalau beruntung bahkan bisa melihat butir-butir es pada musim-musim tertentu.  

Di Ranu Kumbolo juga terdapat ragam flora dan fauna yang khas, diantaranya burung jalak semeru dan bunga anggrek lumut. Tak kurang, eksotika Ranu Kumbolo akan terlengkapi dengan adanya Tanjakan Cinta yang populer di kalangan pendaki akan mitosnya. Di balik tanjakan tersebut kita akan diajak berpetualang di padang savana.  

Lokasi:  Lumajang bagian Barat, kec. Senduro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...