Rabu, 20 April 2011

Pura Mandara Giri Semeru Agung


Merupakan salah satu pura tertua di Nusantara. Letaknya bertopografi pegunungan dan berhawa sejuk yakni Senduro yang diyakini dekat dengan nilai spiritual umat Hindu yakni sejarah gunung Semeru.

Pura yang biasanya dijuluki Pura Kahyangan Jagat (tempat memuja Hyang Widhi Wasa) pada hari-hari tertentu ramai dikunjungi umat Hindu, terutama dari Bali. Maka jangan heran kalau melihat atribut khas Bali yang terdapat di sepanjang jalan menuju ke pura ini. Seperti untaian janur, sesajen, patung bersarung dan taburan bunga-bunga.

Bangunan pura merupakan bangunan utama dari objek wisata religi ini. Selain itu juga terdapat aula besar yang biasanya digunakan untuk acara pertemuan dan pagelaran budaya, letaknya berada di samping timur. Kalau lewat dari gerbang depan, maka kita akan disuguhi pemandangan lapangan rumput hijau nan luas. Sungguh terasa di Bali!

Keunikan pura ini selain bangunannya adalah kebiasaan umat Hindu yang melakukan sembahyang di sana akan pergi ke dua pura yang lain, yakni pura Ranupane dan pura Petirtan. Jadi, pura Mandara Giri Semeru Agung merupakan pura utama diantara dua pura yang lain. Dan benar-benar serasa berada di Bali!

Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Senduro, kec. Senduro

4 komentar:

  1. Belum pernah kesana tapi pernah melewati saja saat saya hendak pergi ke bali. Tempatnya bagus ya seperti kayak di yogyakarta :d.
    Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  2. @Bali: wah...patut mampir nih. Kalau perlu ikin paket wisata ke sini dari Bali. Asyik tempatnya...

    BalasHapus
  3. mohon infonya..
    tiket masuk ke pura mandaragiri berapa ya?
    kalau hari biasa pengunjung bisa masuk ke pura ga?
    ada client yg minta paket wisata lumajang soalnya

    BalasHapus
  4. @anonim: untuk tiket masuk tak ada. GRATIS! namun kebanyakan wisatawan yang masuk ke sana memberikan uang secara sukarela di kotak masuk. pada saat kapanpun pengunjung bisa masuk, kecuali ke bagian sesembahyangan yang hanya diperuntukkan untuk ibadah (khusus umat Hindu). Smoga bisa membantu...

    BalasHapus

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...