Rabu, 13 April 2011

Loji



Merupakan bangunan peninggalan jaman Belanda. Bangunan tersebut biasanya digunakan untuk tempat beristirahat bagi pejabat Belanda yang berkunjung memantau perkebunan kopi yang dikelola masyarakat setempat. Intinya, saat itu Belanda menjadi mandor dan pribumi menjadi pekerja. Namun, itu dulu karena sekarang tidak lagi.

Bangunan bersejarah tersebut saat masih terlihat kokoh meski jarang ditempati. Di depan bangunan tersebut yang berupa rumah terdapat taman dan gazebo yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat dan melihat pemandangan gunung Semeru. Tempatnya sangat teduh dan berhawa segar.

Di sebelah barat juga terdapat wahana bermain dan taman yang cukup luas. Biasanya digunakan untuk outbond oleh para pengunjung. Di sebelahnya juga terdapat lapangan voli yang bisa dimanfaatkan untuk sarana olahraga.

Tak hanya itu saja, di sebelah bawah kita bisa bermain ke sana. Dengan jalanan yang menurun, kita akan menjumpai kali lahar Besuk Sat yang bermata air jernih dan segar. Bahkan di latarnya terdapat gunung Semeru berdiri dengan gagahnya. Di sekeliling sungai, kita juga bisa menghabiskan waktu di antara bebatuan gunung yang besar-besar. Apalagi kalau ketika matahari terbenam, pemandangannya sangat elok.

Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Besuk Sat, kec. Pasrujambe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...