Senin, 11 April 2011

Watu Klosot



Disebut Watu Klosot karena memang objek wisata ini berbentuk batu besar seperti papan seluncur sehingga bisa digunakan untuk seluncuran. Dalam bahasa Jawa, seluncur disebut Klosot. Jadi Watu Klosot adalah batu seluncur yang memang bisa digunakan untuk bermain seluncuran jika airnya banyak.

Batu ini sangat besar, luasnya sekitar 15 meter persegi. Di samping kanan kirinya terdapat tebing dengan tanaman sulur dan hijaunya pepohonan khas pegunungan. Lokasi ini dekat dengan Pura Petirtan karena masih dalam satu kawasan. Sebelah timurnya terdapat batu yang mirip Kodok yang berukuran besar.

Keunikan Watu Klosot adalah lempengan batunya menyatu, tidak terpecah sehingga mempunyai pola yang bagus serta terkstur yang lembut. Meski jarang dialiri air, namun batu ini tampak megah dan gagah. Bagi siapa saja yang berada di dalamnya seakan-akan ditelingkup.

Watu Klosot sendiri merupakan pintu gerbang menuju ke objek wisata lainnya seperti Tebing Militer dan Watu Gedek (tebing terakhir di antara jurang lereng Semeru).

Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Tawon Songo, kec. Pasrujambe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...