Kamis, 28 April 2011

Napak Tilas Kota Raja Lamajang


TEMA:
Dengan Semangat Kebangkitan Nasional dan Kepahlawanan Arya Wiraraja, Mari Kita Perkokoh Rasa Persatuan dan Kesatuan untuk Melestarikan Kota Raja Lamajang

LATAR BELAKANG:
Pada tahun 1300-an Kerajaan Lamajang atau yang di dalam Babad-babad sering di sebut Majapahit Timur itu merupakan suatu kerajaan besar di mana wilayah kekuasaannya meliputi daerah Tiga Juru yaitu Lamajang, Panarukan dan Blambangan dan ditambah dengan daerah-daerah seperti Sumenep (Madura) dan Bali. Kerajaan Lamajang ini didirikan oleh seorang tokoh pengatur siasat yang mumpuni dan menjadi arsitek utama kerajaan Majapahit yaitu Arya Wiraraja. Di Lamajang pula tempat basis pertahanan dan tempat meninggalnya Mpu Nambi, seorang teman seperjuangan Raden Wijaya atau pendiri Majapahit dan PatihAmangkubumi yang pertama di Kerajaan Majapahit. Jadi Lamajang pada waktu itu dikenal kebesarannya bukan hanya karena luasnya daerah kekuasaan tetapi juga karena di sana tinggal dan basis pemerintahan tokoh-tokoh yang disegani.

Kebesaran Kerajaan Lamajang ini masih dapat kita saksikan sampai hari ini dengan adanya peninggalan-peninggalan yang luar biasa besarnya seperti benteng dengan ketebalan 6 meter, tinggi 8-10 meter dan panjang sejauh 10 km. Peninggalan yang luar biasa besar ini sekarang dikenal sebagai Situs Biting yang di perkirakan sebagai benteng kota raja Lamajang dan berada di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono. Di samping tembok benteng kota raja, di Situs Biting dapat dijumpai adanya Pengunga`an atau menara pengawas dan juga makam Petilasan Minak Koncar, salah seorang penguasa legendaris di Lamajang. Perlu diketahui benteng yang ada di Situs Biting adalah benteng tertua dan terbesar yang ada di Indonesia dan di Nusantara dan tentu nantinya akan menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Lumajang maupun Indonesia.

TUJUAN KEGIATAN:
Sebagai bentuk penyadaran kepada masyarakat Lumajang bahwa dulu Lumajang adalah sebuah kerajaan yang besar dan merdeka yang pada perjalanannya keberadaannya sengaja dihilangkan dan kegiatan ini sebagai bentuk promosi dan pengenalan kepada masyarakat Lumajang dan sekitarnya "Tentang Sejarah Lumajang Sebenarnya", yang sudah 700 tahun tidak pernah diperhatikan.D an semoga dengan kegiatan ini pemerintah Lumajang, khususnya, akan memperhatikan dan mau melestarikan peninggalan dan cagar budaya yang ada di Biting (Situs Biting).

PELAKSANAAN:
Minggu, 22 Mei 2011
Pukul 06.00 - 10.00 wib
di Situs Biting, dusun Biting, desa Kutorenon, kec. Sukodono

TIKET:
Rp. 2000 (mendapatkan kupon undiah berhadiah)

HADIAH:
Lemari es, Sepeda mini, DVD player, Rice cooker, Setrika dan hadiah menarik lainnya

PENDAFTARAN:
  1. Warung Gaul Armada; Jl. Suwandak 83, CP. +62858 5938 4616
  2. Warnet Armada, Pertokoan Depan Stadion Semeru
  3. Radio Suara Lumajang
  4. Omah Singgah Lumajang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...