Rabu, 06 Juli 2011

Air Terjun Kedung Guwo


Ada salah satu air terjun yang jarang dikunjungi orang namun malah menyuguhkan panorama yang unik. Air terjun itu adalah Kedung Guwo. Kedung Guwo berasal dari kata Kedung (bendungan air/ dam) dan Guwo (gua/ goa). Tak heran memang karena di sana terdapat dam dan gua yang mirip dengan lempengan batu miring.

Jarang terjamahnya wisata yang satu ini memang benar karena akses jalan menuju ke sana masih tradisional alias memang bukan untuk komersil wisata. Namun, pemandangan khas pedesaan sangat kental di sana. Hal ini terlihat dengan banyaknya tanaman palawija masyarakat sekitar yang tersebar di beberapa pematang sawah.

Di titik lokasi air terjun suasanya sangat tenang. Hanya terdengar suara gemericik air dan kicauan burung-burung. Meski ketinggiannya hanya sekitar 8 meter, namun tak menghilangkan keindahan air terjun ini yang dihiasi dengan bebatuan besar khas batu sungai. Di sebelah air terjun terdapat gua dengan ketinggian sekitar 2 meter dan panjang sekitar 10 meter. Yang unik di sini adalah gua yang berupa lempengan batu miring.

Di dalam gua terdapat bangunan buatan seperti tempat duduk dan lesehan. Sepertinya objek wisata yang satu ini pernah dirawat namun jarang sekali dikunjungi orang. Tap tak mengapa, karena dengan keheningannya, air terjun Kedung Guwo ini mempunyai nilai tersendiri.

Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Kunal, kecamatan Pasrujambe

1 komentar:

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...