Sabtu, 01 Oktober 2011

Gunung Sawur


Pos pemantau gunung Semeru berada pada titik puncak gunung Sawur. Lokasinya tak jauh dari Wana Wisata Hutan Bambu, lebih tepatnya berada di sisi selatan. Akses jalan menuju gunung Sawur pun sangat mudah. Dengan pintu gerbang berbentuk portal dan jalanan pavingan semen. Pada jalur menuju ke atas didominasi dengan pemandangan perkebunan masyarakat sekitar. Bahkan pada titik tertentu, jalur tersebut terlihat rapi dan bersih dengan adanya rumput hias yang memang sengaja ditanam sepanjang jalur. Sangat terasa kekhasan pegunungan.

Di puncak memang terdapat pos pemantau yang dilengkapi semacam wisma yang biasanya digunakan sebagai penginapan. Kita pun biasa masuk ke dalam pos pantau karena memang untuk umum. Di dalam terdapat beragam alat pendeteksi aktifitas vulkanik gunung Semeru baik secara digital maupun manual.

Keistimewaan objek wisata ini adalah kita dapat merasakan gempa dari yang skala kecil hingga besar. Bahkan dengan rekaman seismograf yang merekam jejak gempa tersebut. Sungguh akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Bukan itu saja, di area luar ketika matahari terbit, kita juga bisa melihat kemegahan gunung Semeru ketika disibak sinar mentari dari arah timur. Guratan-guratan lerengnya terlihat jelas dan indah, apalagi ketika puncak gunung menyembulkan asapnya. Sungguh eksotik!

Di sekitar pos pantau juga terdapat warung yang dikelola masyarakat setempat. Pas sekali kalau pagi hari ke sana ditemani dengan kopi atau teh hangat serta jajan gorengan. Dengan udara sejuk khas pegunungan tentunya sangat asyik menikmati panorama alam gunung Semeru.

Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Sawur, kec. Candipuro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...