Senin, 19 Maret 2012

Cantingan, Yuk!


Bulan Maret menjadi sejarah bagi perkembangan batik di Lumajang. Pasalnya, sejak tanggal 18 Maret 2012 telah dicanangkan sebagai Hari Batik Lumajang. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan kabupaten Lumajang untuk terus mempromosikan batik lokal.

Bertempat di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT), rangkaian kegiatan yang dinamakan Pencanangan Batik Lumajangan (Cantingan) dibuka langsung oleh bupati dan wakil bupati Lumajang. Selain untuk memecahkan rekor batik terpanjang yakni 300 meter, juga ditampilkan ratusan pelajar dan masyarakat umum Lumajang mencanting langsung di kain tersebut. Alhasil, kegiatan ini mampu menyedot perhatian publik untuk langsung ke KWT dan tempat itu mendadak ramai.

Selain membatik, juga dilaksanakan Pemilihan Putra Putri Batik Lumajang. Ada juga beberapa stand pameran yang memajang berbagai produk khas Lumajang, baik dari UKM, sekolah maupun dinas. Kesemuanya merupakan satu paket kegiatan Cantingan.

Kegiatan yang dipelopori oleh komunitas batik Yosowilangun (PKBM Citra) ini mendapat dukungan langsung dari Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya serta Dinas Industri dan Perdagangan. Bahkan, bupati dan wakil bupati rela berdesak-desakan dengan pengunjung yang saat itu hadir di lokasi. Akhirnya, Selamat Hari Batik Lumajang! Ayo terus berkreasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...