Rabu, 21 Desember 2011

Air Terjun Suci



Tak banyak orang tahu kalau Lumajang menyimpan banyak air terjun yang jarang terjamah umum. Salah satunya adalah air terjun Suci.  Sesuai dengan namanya, air terjun ini dianggap suci atau sakral oleh beberapa orang karena merujuk pada sejarah air terjun tersebut.

Konon, air terjun ini dulunya digunakan sebagia tempat bertarungnya 2 pendekar yang sangat hebat. Keduanya bertarung sengit hingga salah satunya menghujam batu besar dengan pedangnya hingga terbelah dua. Batu tersebut masih ada hingga sekarang. Namun, pertarungan tersebut tak menghsilkan pemenang, karena keduanya sama-sama kuat. Akhirnya, salah satu diantaranya mempunyai siasat dan berhasil mengalahkan lawannya.

Karena legenda tersebutlah air terjun ini dinamakan Suci sekaligus menandakan lokasinya yang berada di dusun Suco. Untuk sampai di sana, kita tak sulit menemukannya karena berada di pusat keramaian dusun Suco. Jalurnya pun mudah dilalui meski didonimasi trek menurun.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dan berdinding batu alam yang besar. Sesekali rimbunan bambu dan perkebunan durian menyapa. Bahkan, kita bisa bersantai di sini sambil menikmati dinginnya air terjun. Apalagi dengan hiasan dedaunan hijau yang menjalar terkena tetesan air dari atas. Eksotis!

Lokasi: Lumajang bagian Barat Daya, desa Pasrujambe, kec. Pasrujambe

2 komentar:

  1. Tanah suci ini dimana mas ya? setauku sih adanya watu klosot yg ada di sebelah barat watu lapis. mohon pencerahannya mas. pengen explorasi alam lumajang lebih jauh lagi nih. Salam traveller ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. air terjun suci berada di pertigaan SUCI...daerah pasrujambe. Coba tanya masyarakat Pasrujambe tentang lokasi SUCI, pasti tahu...hanya sekitar 500 m dari pertigaan lokasinya.

      Hapus

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...