Senin, 09 April 2012

Air Terjun Carang Kuning


Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Peribahasa tersebut pas disematkan untuk air terjun eksotis yang satu ini. Namanya air terjun Carang Kuning. Pasalnya, nama air terjun ini mempunyai legenda yang unik khas zaman kerajaan.

Konon, nama air terjun tersebut diambil dari nama seorang putri pada zaman kerajaan Majapahit yang sering mandi di bawah air terjun tersebut. Nama putri itu dikenal dengan Putri Carang Kuning. Entah karena mempunyai kulit kuning langsat seperti kebanyakan putri-putri raja atau kedekatan dengan simbol tempat itu sehingga dijuluki carang kuning. Perlu diketahui juga bahwa di lokasi tersebut terdapat tanaman bambu kuning, meski sekarang lebih banyak bambu hijaunya. Kata “carang” berarti ranting-ranting bambu, kata “kuning” yang berarti simbol warna dari bambu.

Terlepas dari legenda tersebut, air terjun ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Lokasi yang tak biasa dijamah namun menantang. Trek medan untuk menuju ke sana lumayan seru dengan jalanan khas kebun pegunungan. Jaraknya hanya sekitar 1 km dari rumah penduduk. 

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 15 meter ini mempunyai susunan bebatuan yang alami. Apalagi, dengan tumpukan bebatuan yang membuat air terjun ini seperti bertumpuk kalau dilihat dari bawah. Lempengan bebatuan alam menyuguhkan keindahan yang unik sekaligus mengagumkan. Tak salah jika berlibur dan bertualang ke tempat ini.

Lokasi: Lumajang bagian Barat Daya, desa Jambekumbuh, kec. Pasrujambe

4 komentar:

  1. rutex sedikit diperjelas donk mastah, dari terminal ato dari alun2 kota :)

    BalasHapus
  2. bro, itu tulisan "LUMAJANG" sama "Eksotika Jawa Timur", pake font apa sih (namanya) kalo bleh tau ?
    .
    .
    soalnya pas banget sama gambarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo font "LUMAJANG" kreasi sendiri bro...
      kalo "Eksotika Jawa Timur" pake font CENTURY GOTHIC

      Hapus
  3. keren bgt,,rute nya dunk ...

    BalasHapus

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...