Senin, 05 Desember 2011

Goresan Cinta untuk Sejarah Lumajang


HARJALU 756 tahun ini benar-benar meriah. Pasalnya, berbagai macam agenda baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun dari masyarakat turut mewarnai perayaan tahunan ini. Contohnya yang menarik perhatian Tim Singgah Lumajang (TSL) adalah Lomba Lukis Benteng Kerajaan Lamajang.

Lomba ini diikuti oleh puluhan siswa SD/MI se-Lumajang. Mereka sangat antusis mengikuti kegiatan yang baru pertama kali ini lomba lukis diadakan di ruang terbuka. Alasannya, agar inspirasi mereka tentang situs Biting yang menjadi cikal bakal kabupaten Lumajang ini semakin tereksplor. Tak hanya para peserta saja yang antusias, para pengunjung pun membludak. Bahkan, momen tersebut menjadi penting dan tercatat sebagai sejarah karena sudah 700 tahun lebih situs tersebut tak seramai saat ini.

Berbagai macam teknik menggambar mereka gunakan. Berbagai macam pula teknik pewarnaan. Tentunya, membuat semua orang yang hadir terkagum-kagum dengan kreatifitas generasi kecil Lumajang ini dalam menggoreskan ujung-ujung pensil warna dan crayon menjadi sebuah paduan warna yang indah. Imajinasinya pun tak hanya seputar benteng, malah mereka mampu melukiskan suasana Kerajaan Lamajang zaman dulu. Sungguh luar biasa!

Nah, biar tak penasaran, berikut kami tampilkan 3 karya terbaik:

Terbaik I: Ade Surya Nanda (SDN Dawuhan Lor 01)

Terbaik II: Illa Nursi Sukma Al Bais (MI Nuris Lumajang)

Terbaik III: Ainayah Octaverosa Faradisa (SD Islam Tompokersan)


Adapun yang masuk 10 besar karya terbaik adalah:
  1. Vella Monica (SDN Tompokersan 03)
  2. Nuril Ayyamil Izzah (MI Nuris Lumajang)
  3. Naufal Juliansyah (SDN Citrodewangsan 01)
  4. Viviana Damayanti (MI Nuris Lumajang)
  5. Rafli Ramadhani (SDN Tompokersan 03)
  6. Dinda Qoimatus (SDN Ditrotrunan 02)
  7. Mardhiyastuti Aulia Rahma (SD Islam Tompokersan)
Selamat untuk para pemenang dan selamat juga bagi panitia yang sukses menyelenggarakan acara ini. Sekaligus kami acungi jempol bagi teman-teman Komunitas Mahasiswa Peduli Lumajang (KMPL) dan Masyarakat Wisata Kotaraja Lamajang (MWKL) serta berbagai pihak yang telah mendukung acara ini.

2 komentar:

  1. ini baru bener,,,,,,,,,namanya perrayaan hari jadi,,,,,,,,,,mengenang yang membuat kotanya....

    BalasHapus
  2. @yudi: iya bener bos. JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).

    BalasHapus

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...