Minggu, 10 April 2011

Kampung Batik Kunir



Tak hanya Solo dengan batik Laweyannya, Lumajang juga punya dengan batik Kunirnya. Kampung batik Kunir ini merupakan cikal bakal tumbuhnya industri batik di Lumajang karena dari sinilah awal mula batik Lumajang dikenalkan.

Ada 7 kelompok batik di kampung ini yang dikenal dengan sebutan Makarti Jaya yang dikelola langsung oleh Munir sebagai salah satu tokoh batik Lumajang. Di kampung ini kita dapat melihat proses pembuatan batik mulai dari pembuatan motif, melukis di kain (canting), pewarnaan, perebusan hingga hasil jadi. 

Beragam corak pun tersedia di sini, terutama yang khas Lumajang seperti buah pisang, sulur, gelombang samudra dan burung penglor. Berbeda denga batik Yosowilangun yang berwarna kalem, batik Kunir lebih berwarna cerah dan mencolok dengan motifnya yang berani dan kental kekhasan Lumajang. Bahkan warna identitas batik di sini adalah Turquise.

Selain batik tulis, juga terdapat batik cetak bahkan perpaduan keduanya. Harganya pun beragam, mulai 150 ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung dari motif, kain dan warna. Anda pun patut mampir ke sini untuk dijadikan oleh-oleh dari Lumajang.

Lokasi: Lumajang bagian Selatan, desa Bentengrejo kec. Kunir

2 komentar:

  1. Serius iki? aku orang kunir tapi kok gak pernah dengar ya? wah, kalau pulang harus tak caria ini. Makasi infonya.

    Salam kenal. Mampir ke aliensyiroh.wordpress.com ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he-em..betul. Hayo..cepet cari..kita harus cinta Lumajang donk. Hehehehe...

      Hapus

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...