Minggu, 10 April 2011

Kampung Batik Yosowilangun



Lumajang punya batik? Jangan heran dengan hal ini karena memang benar adanya. Selain Batik Kunir dan Sukodono, Yosowilangun juga mempunyai kampung batik. Kampung batik ini digerakkan oleh PKBM Citra Yosowilangun. PKBM yang awalnya adalah untuk kejar paket, diluaskan cakupannya ke sentra kerajinan batik. Tak sia-sia, batik buatan masyarakat Yosowilangun ini telah dikenal oleh masyarakat Lumajang maupun luar kota.

Meski terbagi menjadi 4 sentra kerajinan batik, namun kampung batik Yosowilangun berpusat di desa Yosowilangun kidul. Bahkan produksi kawasan ini dari waktu ke waktu terus meningkat seiring permintaan dari konsumen dan inovasi corak yang tiada henti.

Salah satu kekhasan batik Yosowilangun adalah warna coraknya yang kalem dengan ragam corak yang menarik dan terkesan bebas. Hal ini jugalah yang menjadi ide dalam penyelenggaraan Festival Kampung Batik beberapa waktu yang lalu.

Objek wisata yang digerakkan secara swadaya ini menawarkan suguhan teknik membatik, belajar membatik, pewarnaan, proses merebus batik hingga batik yang sudah jadi.

Lokasi: Lumajang bagian Timur, desa Yosowilangun Kidul kec. Yosowilangun

3 komentar:

  1. Baru tahu sekarang kalo Yosowilangun punya kampung batik....Padahal q udh 24 thn kerja di Yosowilangun.Apa sosialisasix kpd masyarakat msh kurang? Atau mmg q sj yang blm tahu? Sayang sekali....

    BalasHapus
  2. @tus: wah..ketinggalan, Mbaknya. Coba aja mampir ke Balai Desa Yosowilangun Kidul, tanya aja org2 di sana pasti tahu

    BalasHapus
  3. coba ke rumah sekdes Yosowilangun Lor di selatan pegadaian atau sebelah utara BRI

    BalasHapus

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...